Hadits ke-4 dari 42 Hadits Arba’in

Maret 18, 2011 pukul 12:37 am | Ditulis dalam R E N U N G A N, Tarbiyah | 3 Komentar

Dari Abdulloh bin Mas’ud radliyallahu anhu berkata: Rosululloh -orang yang benar dan dibenarkan- bercerita kepada kami: Sesungguhnya kalian diciptakan di perut ibunya selama 40 hari berupa nuthfah (cairan kental); empat puluh hari kemudian, kalian berubah menjadi alaqoh (segumpal darah); empat puluh hari kemudian, kalian menjelma menjadi mudlghoh (sekerat daging). Pada waktu ini, seorang malaikat diutus untuk meniupkan ruh dan menurunkan empat ketetapan; yaitu rizki, amal, ajal, dan bahagiakah dia atau celaka.

Demi Dzat yang diriku di tangan Nya (Demi Alloh), Sesungguhnya kalian beramal dengan amalan penghuni surga, sehingga jarak antara dirinya dan surga tinggal satu jengkal, akan tetapi cacatan telah menentukan bahwa dia masuk ke neraka, maka dia beramal amalan penghuni neraka dan akhirnya dia akan masuk ke neraka.

Sebaliknya, ada dari kalian ada yang beramal dengan amalan penghuni neraka, sehingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal satu jengkal, akan tetapi catatan telah menentukan bahwa dia masuk ke surga, maka dia beramal amalan penduduk surga dan akhirnya dia akan masuk ke dalam surga.

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhori dan Muslim

Hadits ini menjelaskan 3 hal:

1. Penciptaan Manusia

Manusia diciptakan melalui beberapa fase. Islam telah menjelaskannya 14 abad yang lalu; mendahului penemuan orang-orang modern.

2. Setiap orang sudah ditentukan rizki (seberapa banyak jatah rizki selama hidupnya); amal (banyak amal sholeh atau banyak maksiatnya); ajal (berapa lama umurnya di dunia dan kapan matinya), serta bahagia atau celaka (di dunia maupun di akherat).

3. Semua orang sudah ditetapkan apakah dia cetakan ahli neraka apa ahli surga, tetapi orang dilarang untuk santai-santai. Kenapa? yang pertama: kita tu nggak tau kita dapet tiket ke mana. tentunya orang pinter pengen akhir yang bahagia lah… berusaha meraih surga. ya kan…?

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. assalaamu’alaikum….
    Subhaanallaah,,,ikut mampir,,,

    sebuah tulisan yang sangat bermanfaat dan banyak membuka kesadaran yang yang telah tertunduk dan runtuh jauh ke jurang kelalaian,,

  2. jazakillah mbak syahida… jangan lupa mampir lagi ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: