Islam dan Budaya Syirik

Juli 11, 2009 pukul 10:28 pm | Ditulis dalam Inspirasi, Mutiara, Tarbiyah | Tinggalkan komentar

Aqidah atau tauhid adalah pondasi agama Islam yang penting. Hanya saja, aqidah atau tauhid umat ini telah dicemari oleh berbagai hal seperti takhayul, bid’ah, dan khurafat yang bisa menjatuhkan pelakunya kepada syirik.

Aktifitas-aktifitas seperti mengunjungi para wali, mempersembahkan hadiah dan meyakini bahwa mereka mampu mendatangkan keuntungan atau kesusahan, mengunjungi kuburan mereka, mengusap-usap kuburan tersebut dan memohon keberkahan kepada kuburan tersebut. Seakan-akan Allah Ta’ala sama dengan penguasa dunia yang dapat didekati dari para tokoh mereka, dan orang-orang dekatnya.

Bahkan manusia telah melakukan syirik apabila mereka mempercayai bahwa pohon kurma, pepohonan lain, sandal atau juru kunci makam, dapat diambil berkahnya, dengan tujuan agar mereka dapat memperoleh keuntungan.

Pencemaran terhadap ajaran Islam yang murni bermula di masa pemerintahan Islam Abbasiyah di Baghdad. Kemajuan ilmu pengetahuan di zaman itu telah menyeret kaum Muslimin untuk ikut pula memasyarakatkan filsafat Yunani dan Romawi. Selain itu, pengaruh mistik platonik dari budaya Rusia ikut menimbulkan pengaruh negatif pada ajaran Islam. Puncaknya adalah berbagai macam kebatilan dan takhayul yang dipraktikkan kaum Hindu mulai diikuti orang-orang Islam. Wilayah Arab, sebagai tempat kelahiran Islam pun tidak luput dari pengaruh buruk tersebut, sehingga harus dilukakan pembersihan terhadap anasir-anasir asing yang merusak kemurnian Islam.

Muhammad Abdul Wahhab

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: