Hadits 2 dari 42 Hadits Arba’in, bag.4

Maret 26, 2009 pukul 1:18 pm | Ditulis dalam R E N U N G A N, Tarbiyah, Uneg-uneg | Tinggalkan komentar

“… Lelaki itu kembali bertanya kepada Rasulullah: “Beritahu aku, apa yang dimaksudkan dengan IHSAN (kebaikan)?” Rasulullah menjawab: “AL-IHSAN itu ialah apabila engkau -ketika beribadah kepada Allah- seolah-olah melihat Nya, atau apabila engkau tidak dapat seolah-olah melihat Nya, maka yakinlah bahwa Dia selalu melihatmu …”

Pertanyaan berikutnya yang dilontarkan oleh Jibril yang menyarukan dirinya sebagai manusia biasa, yaitu tentang IHSAN atau kebaikan.

Rasulullah bersabda bahwa IHSAN itu ialah ketika seseorang itu sedang beribadah, maka seakan-akan dia sedang melihat Allah, berhadap-hadapan langsung dengan Nya. Andaikata orang itu kesulitan untuk mengkondisikan dirinya sedang berhadap-hadapan dengan Nya, maka orang tersebut harus yakin seyakin-yakinnya, bahwa Allah melihatnya, melihat seluruh perbuatannya, baik yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, maupun secara terang-terangan.

Pelajaran yang dapat diambil dari tanya-jawab antara Jibril dan Rasulullah di atas ialah: bahwa Allah itu mengetahui segala perbuatan hamba Nya, sehingga seorang hamba yang pintar akan selalu menambah amal kebaikannya, dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi amal keburukannya.

Seorang hamba yang cerdik tentu akan berusaha agar majikannya menilai dirinya dengan nilai yang tinggi. Hamba tersebut tidak akan membikin nilai dirinya jatuh di hadapan majikannya.

Seorang hamba yang bijaksana akan selalu menampakkan kepada majikannya bahwa dirinya selalu bersungguh-sungguh dalam menjalan segala perintah majikannya; dan akan merasa amat sangat malu ketika dirinya dilihat oleh majikannya sedang bermalas-malasan atau sedang melanggar larangang majikannya.

Nah, mau  jadi hamba yang baik, cerdas, dan bijaksana, atau sebaliknaya?

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: