Hadits 2 dari 42 Hadits Arba’in, bag. 2

Maret 23, 2009 pukul 10:53 pm | Ditulis dalam Iseng, R E N U N G A N, Tarbiyah, Uneg-uneg | Tinggalkan komentar

“… laki-laki itupun bertanya: “Wahai Muhammad! Beritahulah aku ini apa itu Al-Islam?” Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Islam itu ialah engkau bersaksi bahwa tiada yang pantas disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, engkau menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadlan, dan engkau berhajji ke Baitullah jika engkau mampu menjalankannya. Laki-laki itu mengatakan: “kamu benar”. Kami (para sahabat) heran, laki-laki ini yang bertanya, lalu membenarkan apa yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam…”

Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim dari sahabat Umar bin Al-Khaththab.

Pada kesempatan pertama, laki-laki itu bertanya kepada Rasulullah tentang Al-Islam. Rasulullah menjawab bahwa pokok Islam itu ialah bersaksi bahwa tiada sesembahan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadlan, serta berhajji bagi yang mampu.

Ketika seseorang itu sudah menjalani minimal empat dari lima hal di atas, maka dia sudah dihitung sebagai seorang muslim.

Bersaksi bahwa tiada yang patut disembah selain Allah dan Muhammad utusan Allah  itu mencakup mengambil segala keputusan Allah dan Rasul Nya, baik itu berupa perintah maupun larangan, sebagai pedoman hidup. Sebagai undang-undang.

Mendirikan shalat itu bukan sekedar kita mengangkat tangan sambil bertakbir hingga salam, tetapi juga mencakup cara berwudlu kita-apakah sudah benar dan sempurna?-, mencakup cara berpakaian kita-apakah sudah menutupi aurat?- dan tumakninah  dan kekhusyuan kita.

Membayar zakat itu mencakup membayarnya tepat waktunya, tanpa ngakal-akali agar zakat yang dikeluarkan tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Berpuasa di bulan Ramadlan itu termasuk membayar zakat fitrah, paling lambat di malam satu Syawwal.

Berhaji itu dipersyaratkan adanya kemampuan finansial dan fisik. Karena, perjalan menuju baitullah itu memerlukan biaya yang tidak sedikit, dan memerlukan fisik yang memadai untuk menjalankan stiap rukun dan syarat hajji.

Pelajaran yang dapat kita ambil ialah: seseorang itu dianggap seorang muslim apabila sudah menjalankan 4 dari 5 pokok Al-Islam. Menjalankannya dengan konsisten, kecuali jika ada udzur syar’i yang menghalangi kita untuk menjalankannya.

Bolehnya seseorang yang sudah tahu bertanya kepada orang lain dalam rangka menyebarkan ilmu kepada orang yang belum tahu.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: