Hadits Pertama dari 42 Hadits Arba’in

Maret 22, 2009 pukul 10:27 pm | Ditulis dalam Iseng, Tarbiyah, Uneg-uneg | Tinggalkan komentar

“Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung kepada niatnya, sedangkan bagi setiap orang itu balasan apa yang dia niatkan. Barangsiapa yang ketika melakukan hijrah itu diniatkan karena Allah dan Rasul Nya, maka pahala hijrahnya tersebut dari Allah dan Rasul Nya, akan tetapi barang siapa yang hijrahnya itu karena dunia yang hendak dicari, atau karena perempuan yang hendak dinikahi, maka pahala hijrahnya itu dari apa yang dia inginkan”

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Umar bin Al-Khaththab.

Niat ketika beramal itu amatlah penting. Coba kalau nggak penting,  masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bakal bersabda begini? Ketika niat seseorang itu benar, ketika berbuat sesuatu dikarenakan Allah dan Rasul Nya, maka dipastikan dia mendapatkan pahala dari Allah; lha wong dia berbuat karena Allah, ya Allah pasti memberi ‘gaji’ kepadanya tho… kayak seorang buruh bekerja untuk si A, maka buruh tersebut akan mendapatkan gaji dari A, bukan dari saya atau anda.

Sebaliknya, ketika seseorang itu berbuat bukan karena Allah dan Rasul Nya, maka dia tidak mendapat pahala dari Allah, lha gimana mau mendapat ‘gaji’ dari Allah, lha wong dia itu beramal, memburuhkan diri bukan kepada Allah, lha kok mengharapkan ‘gaji’ dari Allah… kan lucu…. Kalau dia itu berbuat demi partainya, demi negaranya dll, ya njaluk ‘gaji’ ne nyang partai, negara dll nya tadi.

Oleh karena itu, yuk perbaiki niatan amalan kita….

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: