Jangan Meniru Kepribadian Orang Lain

Januari 18, 2009 pukul 12:03 am | Ditulis dalam R E N U N G A N, Tahukan Anda ..., Tips, Uneg-uneg | Tinggalkan komentar

Setiap orang memiliki bakat, kemampuan, ketrampilan, dan kecenderungan tersendiri. Salah satu aspek karakter Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah kemampuannya untuk memimpin. Beliau menempatkan para sahabatnya di tempat masing-masing sesuai dengan bakat dan keahiannya. Ali bin Abi Thalib adalah orang yang adil dan bijaksana, maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menunjuknya sebagai hakim. Rasulullah memakai Muadz bin Jabal karena pengetahuannya; Ubay karena kemampuannya dalam memahami Al-Qur’an; Zaid karena penguasaannya dalam bidang waris; Khalid karena keahliannya dalam berjihad; Hasan karena kemampuannya dalam sastra; dan Qais bin Tsabit karena kemampuannya berpidato (Semoga Allah meridlai mereka semua).

Melebur ke dalam kepribadian orang lain, dengan alasan apapun, sama dengan bunuh diri. Dan meniru karakter alami orang lain sama dengan mengantarkan kematian pada diri sendiri. Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah yang harus orang kagumi ialah berbedanya karateristik setiap orang -seperti halnya bakat, bermacam-macam bahasa yang mereka pakai, dan berbagai warna kulit mereka. Abu Bakar radliyallahu anhu, misalnya, dengan kelembutannya, memberikan sumbangsih yang sangat besar terhadap Islam dan Ummat ini. Umar radliyallahu anhu di sisi lain membela Islam dan para penganutnya untuk mendapatkan kejayaan dengan watak keras dan pemberani. Oleh karena itu, hendaklah anda merasa senang dengan bakat dan kemampuan anda. Kembangkanlah dia, dan ambillah manfaat darinya.

Disunting dari:

Don’t be Sad

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: