Solidaritas Palestina

Januari 11, 2009 pukul 3:05 pm | Ditulis dalam Triks dan Intriks, Uneg-uneg | Tinggalkan komentar

Sampai hari ini, serangan Israel terhadap Jalur Gaza masih begitu gencar. Apalagi peperangan ini setelah memasuki perang darat.

Kaum muslimin di berbagai belahan dunia menunjukkan kesolidaritasannya terhadap saudara mereka di Palestina. Entah dengan mengumpulkan harta yang kemudian disalurkan melalui LSM yang sudah terkenal dalam menangani masalah penyaluran bantuan ke daerah konflik; ada yang berdemo, membakar bendera Israel dan Amerika; ada yang menyerukan boikot terhadap segala perusahaan yang mendukung zionis Israel; atau hanya berdoa qunut Nazilah, agar Allah memenangkan Muslimin Palestina serta menghancurkan negara Israel sehingga negara itu lenyap dari muka bumi ini.

Kita tidak akan membahas tentang hal-hal di atas satu persatu. Solidaritas sesama muslim itu perlu. Memperdulikan keadaan mereka itu perlu, bahkan diharuskan. Sebab, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memperingatkan kita agar memperdulikan keadaan kita sesama muslim, dan mengancam bahwa orang yang tidak memperdulikan keadaan sesama muslim itu bukan termasuk umat beliau.

Yuk, kita luangkan sejenak waktu kita untuk mendoakan saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah di Jalur Gaza; tapi jangan lupa juga dengan saudara-saudara seiman yang berada di sekitar kita yang sedang kesusahan. Entah itu tetangga kita, kerabat kita dan sebagainya.

Bantu mereka yang kesusahan. Jangan kita terlalu semangat untuk menolong saudara kita yang di jauh sana, tetapi melupakan sodara kita yang berada di samping kita.

Orang yang dekat kepada kita itu lebih berhak untuk ditolong. Bukankah Rasulullah telah memberi pengarahan bahwa kita harus mendahulukan tetangga yang lebih dekat pintu rumahnya dari pintu kita dari tetangga yang rumahnya jauh. (Itu dengan syarat bahwa undangan atau kedua tetangga itu membutuhkan pertolongan pada waktu yang sama. Kalau yang meminta tolong itu yang jauh, maka kita diajari oleh Rasulullah untuk mendahulukan permintaan yang datang terlebih dahulu).

Jadi, boleh-boleh saja kita ingin berbagi dengan saudara seiman kita yang jauh nun di sana, dengan syarat kita harus memperdulikan juga mereka-mereka yang berada di sekitar kita yang butuh pertolongan.

Okeyy…

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: