Gubernur yang Menjadi Tukang Kayu

Januari 3, 2009 pukul 11:44 pm | Ditulis dalam Cerita, Tahukan Anda ... | Tinggalkan komentar

Ali bin Al-Ma’mun Al-Abbasi adalah seorang gubernur dan putera seorang Khalifah. Ia menjalani hidup mewah di sebuah istana yang besar. Apapun yang diinginkannya di dunia ini dengan mudah dia dapatkan.

Suatu hari, dia melongok ke bawah dari balkon istananya. Dia melihat seorang yang sedang bekerja keras di ladang. Pada hari-hari berikutnya, Ali lebih memperhatikan orang itu dan dia menyaksikan bahwa orang tersebut selalu bekerja mulai pagi hari, dan setelahnya, dia beristirahat, mengambil air wudlu dari sebuah aliran sungai dan shalat. Di sore hari, ia baru berhenti bekerja dan pulang menemui keluarganya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai orang ini, Ali mengundangnya suatu hari dan menanyakan kepadanya berbagai pertanyaan. Ia kemudian tahu bahwa si pekerja itu punya seorang isteri, dua orang adik perempuan, dan seorang ibu yang kesemuanya menjadi tanggungannya. Oleh karenanya, untuk membiayai mereka, ia harus bekerja demikian keras. Ia selalu berpuasa di siang hari, dan berbuka puasa dengan apa yang dipetiknya di siang hari. Ali bertanya: “Dan adakah sesuatu yang bisa membuatmu mengeluh?” Orang tersebut menjawab: “Tidak! Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta”.

Sedemikian terpesonanya Ali terhadap pekerja sederhana ini, sehingga Ali meninggalkan istananya, mundur dari jabatannya, dan pergi jauh ke luar negeri. Ali kemudian ditemukan meninggal di beberapa tahun kemudian di daerah sekitar Khurasan.

Ternyata, setelah meninggalkan Istana, Ali berubah profesi menjadi tukang kayu, dan MENDAPATKAN KEBAHAGIAAN yang tidak pernah diraihnya dalam kehidupan di Istana.

Sumber:

Don’t be Sad

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: