Berbuat Baiklah

Desember 20, 2008 pukul 11:23 pm | Ditulis dalam R E N U N G A N, Tahukan Anda ..., Tips | 2 Komentar

Orang pertama yang meraih manfaat dari sebuah amal kebajikan adalah pelakunya sendiri, yaitu dengan melihat perubahan-perubahan dalam diri dan perilakunya, dengan menemukan kedamaian, dan dengan menemukan senyuman dari mulut orang lain.

Jika anda merasa dalam kesulitan atau stress, tunjukkan kebaikan kepada orang lain, dan anda akan menjai orang pertama yang mendapatkan kenyamanan. Bantulah orang yang membutuhkan, belalah orang yang teraniaya, tolonglah orang yang tertekan, dan jenguklah orang yang sakit; maka anda akan mendapati kebahagiaan mengelilingi anda dari semua arah.

Sebuah perbuatan baik itu bagaikan parfum – ia memberi keharuman kepada si pemakai, keuntungan kepada penjual dan pembeli. Lebih lanjut lagi keuntungan psikologis yang orang dapatkan dengan membantu orang lain sangat besar. Jika anda terkena depresi, sebuah amal kebajikan akan lebih memberikan pengaruh untuk kesembuhan anda dibandingkan obat terbaik di dunia ini.

Bahkan jika anda tersenyum ketika bertemu dengan orang lain, anda telah berbuat amal kebajikan. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Jangan anggap remeh suatu perbuatan baik, bahkan jika pun bertemu dengan saudaramu dengan muka tersenyum.

Di sisi lain, ketika anda bermuka masam saat bertemu orang lain, anda sebenarnya sedang memperlihatkan permusuhan, sebuah sikap yang mengancam persahabatan yang hanya Allah jua yang mengetahui dengan pasti betapa besar pengaruh buruknya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menceritakan bahgaimana seorang pelacur diberi balasan surga karena menolong seekor anjing yang akan mati kehausan.

Oleh karena itu, bantulah orang lain dengan berbagai cara – melalui sedekah, keramahan, simpati dan dukungan. Niscaya anda akan mendapatkan semua kebahagiaan yang anda inginkan.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. siapa yang menebar kebaikan suatu saat dia akan mendapatkan imbalanya baik didunia atau di akhirat

  2. betul mas…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: