KENAPA MENULIS ???

Desember 3, 2008 pukul 8:58 am | Ditulis dalam M Y F R I E N D S W O R D | Tinggalkan komentar

Aku pernah mendapat teguran dari seorang teman dekat tentang tulis menulis (critanya waktu itu, aku lagi terserang virus malas. Padahal aku dikejar deadline menyerahkan hasil tulisan untuk konsultasi). My friend ini menulis di bukunya kayak gini nih;

‘Kenapa harus menulis?’ Kalau ada di antara para pembaca yang merasa aneh atau asing dengan kegiatan tulis menulis, maka bersiaplah mendapatkan teguran ‘ ANDA KHILAF, BERSEGERALAH BERTOBAT ! TULIS MENULIS ADALAH KETRAMPILAH YANG MENYEMPURNAKAN HIDUP KEHIDUPAN. TANPA MENULIS HIDUP ANDA TIDAK AAN SEMPURNA, BAHKAN MUNGKIN AKAN TIMPANG. BERSEGERALAH MENULIS ! ABADIKAN WARNA-WARNI KEHIDUPAN ANDA DALAM TULISAN. JADIKAN KEHIDUPAN ANDA LEBIH BAIK ! ‘

Menulis merupakan suatu trampian berbahasa yang dipergunakan untuk berkomuniasi secara tidak langung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis, penulis dituntut untuk trampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosa kata. Ketrampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus dimulai dengan latihan dan praktek yang banyak dan teratur.

Dalam kehidupan modern ini jelas bahwa ketrampilan menulis sangat dibutuhkan. Tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa ketrampilan menulis merupakan suatu ciri orang atau bangsa terpelajar. Sehubungan dengan ini, seorang penulis mengatakan bahwa “menulis dipergunakan oleh orang terpelajar untuk mencatat, merekam, meyakinkan, melaporan, memberitahukan dan mempengaruhi; sedangkan untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan penyusunan dan pengutaraan pemikiran dengan jelas; yang meliputi kejelasan pemikiran, organisasi, pemakaian kata-kata, dan struktur kalimat.

Setelah membaca doktrin di atas, apakah anda sudah terdoktrin dalam soal tulis menulis?!! Kalo sudah, ya Alhamdulillah, kemudian mulailah menulis. TAPI… kalo belum terdoktrin, berarti payah dong…. Masak penjelasan sebegitu banyaknya juga belum bisa mendoktrin… (padahal tulisan di atas itu 100 % doktrin lho!!!!). Ya sudah, tidak apa-apa, tapi baca juga lho 8 RAHASIA DI BALIK KEGIATAN TULIS MENULIS ya… (lihat pada tag TIPS, TRIK, dan INTRIK.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: